• Visual Basic 6.0

    Microsoft Visual Basic merupaka sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan ...

  • Guitar Hero

    Guitar Hero adalah game yang sangat berhubungan dengan musik, pada game ada ting ...

  • One Piece

    One piece adalah harta karun yang telah ditinggalkan oleh raja bajak laut gold ...

  • Musik

    Musik adalah bunyi yang dikeluarkan oleh individu, Musik merupakan seni dari ...

  • Bisnis

    Dalam dunia bisnis kita harus mempunyai kemampuan untuk memutar modal kita agar ...

Terimakasih telah mampir dan berkunjung di alfanged.blogspot.com,, saya menyajikan artkel ini sesuai dengan pengalaman saya dalam bidang komputer ,, jika ingin bertanya lewat via dan jangan lupa di FOLLOW juga ya jika anda tertarik dengan blog saya... ^_^ makasih sebelumnya

Sunday, November 13, 2011

Syntax pada COBOL

Nah pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh program COBOL yang sederhana yaitu tentang memasukan data mahasiswa seperti halnya dengan pascal. Dari pada bertele- tele lebih baik yok langsung ke TKP.

Setelah kita menginstall ide cobol nya, maka kita dapat membuat programnya,, pada postingan disini, saya membuat programnya langsung di command prompt (loh kok ada sangkut pautnya??). memang benar pada pemograman terstruktur ini, kita membuat programnya di cmd karena bila kita tulis di ide cobolnya banyak kejadian pas kita lihat di cmd kolomnya tidak rata.

 Belum ke TKP juga?? Haha sabar-sabar. Ok deh sebelum menuliskan program cobol, kita harus masuk ke dalam direktori tempat kita menginstall cobol. Cara memindahkan direktorinya adalah : 

  1.  Pada saat kita buka cmd, maka akan muncul tulisan C:\Users\blabla>,, ketik cd.. pada cmd tersebut lau  enter maka hasilnya adalah C:\Users>.
  2. Setelah muncul tampilan C:\users> ketik cd.. lalu enter, maka muncul C:\>.
  3. Nah setelah muncul C:\> kita ketik cd idecobol lalu enter, pastinya munculnya akan seperti ini C:\idecobol> kan? Kalau tidak, pastikan tempat installnya berada pada localdisk C.
  4.  Ketik EDIT (spasi) nama_program.cob   di   C:\idecobol> lalu enter,, maka akan muncul hanya layar biru, nah disanalah kita akan menuliskan program cobol tersebut. 
  5. Ketik COBOL (spasi) nama_program.cob  di  C:\idecobol>, syntax tersebut berfungsi untuk mengkompile program cobol yang kita buat, dengan catatan program harus berapa pada folder idecobol.
  6. Ketik RUNCOB (spasi) nama_program.cob  di  C:\idecobol> syntax tersebut untuk menjalan program cobol yang telah kita buat, dengan catatan program tersebut harus berapa pada folder idecobol dan sudah di compile.
      
Nah sepertinya diatas adalah cara untuk bagaimana menuliskan program di pemograman COBOL,
bagaimana cara untuk mengcompile program COBOL yang sudah jadi, dan bagaimana pula cara
untuk menjalankan program COBOL tersebut.
      
Sepertinya sudah sampai disini dulu ya hihi,, maaf ya masih belum ngasih contoh pemograman
cobolnya,, karena setelah saya pikir – pikir syntax diatas perlu diketahui dan dipahami hehe,, untuk
postingan berikutnya adalah program input data mahasiswa.





Categories:

0 comments:

Post a Comment

mohon saran dan kritiknya,, thanks