• Visual Basic 6.0

    Microsoft Visual Basic merupaka sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan ...

  • Guitar Hero

    Guitar Hero adalah game yang sangat berhubungan dengan musik, pada game ada ting ...

  • One Piece

    One piece adalah harta karun yang telah ditinggalkan oleh raja bajak laut gold ...

  • Musik

    Musik adalah bunyi yang dikeluarkan oleh individu, Musik merupakan seni dari ...

  • Bisnis

    Dalam dunia bisnis kita harus mempunyai kemampuan untuk memutar modal kita agar ...

Terimakasih telah mampir dan berkunjung di alfanged.blogspot.com,, saya menyajikan artkel ini sesuai dengan pengalaman saya dalam bidang komputer ,, jika ingin bertanya lewat via dan jangan lupa di FOLLOW juga ya jika anda tertarik dengan blog saya... ^_^ makasih sebelumnya

Sunday, November 13, 2011

Pengenalan COBOL

   Common Buisness Oriented Language atau COBOL adalah suatu bahasa komputer tingkat tinggi ( high level language) yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. COBOL itu sendiri diciptakan pada tahun 1959 (wow tahun segitu mah saya belum lahir haha) dan pertama kali disebarkan secara resmi pada bulan januai tahun 1960. COBOL dibuat untuk operasi yang mencakup  langkah dasar pengolahan data, yaitu membaca data, dan kemudian menghasilkan output berupa informasi.
 
   COBOL mrupakan bahasa terstruktur, mudah dibaca dan mudah dipelajari (asalkan niat bisa kok). pada pemograman COBOL ini, terdiri dari 4 divisi utama, diantaranya adalah :
   1.  IDENTIFICATION DIVISION
   2.  ENVIRONMENT DIVISION
   3.  DATA DIVISION
   4.  PROCEDURE DIVISION

    nah pada 4 division tersebut, ada 2 divisi yang paling penting dalam bahasa pemograman COBOL, yaitu adalah DATA DIVISION dan PROCEDURE DIVISION. kenapa 2 divisi tersebut sangat penting?? jawabannya jelas karena sebagai programmer, di divisi tersebutlah tempat untuk menuliskan program dan logika sebagai programmer.
     
       Didalam pemograman COBOL, ada beberapa hal penting dalam cara penulisannya, karena pemograman COBOL adalah pemograman yang terstruktur, jadi harus dipatuhi yaa cara penulisannya. dibawah ini adalah syarat cara penulisan pemograman COBOL, kolom maksimal yang disediakan program COBOL adalah kolom 1 sampai 80, dengan ketentuan sebagai berikut :

           1.     kolom 1-6 : digunakan untuk line number (optional) ditulis dari kecil ke besar.

    2.     kolom 7 : untuk melanjutkan baris sebelumnya dengan menambahkan (-) dan baris sambungnya  ditulis di area B. bila diisi (*) maka yang ditulis pada baris dianggap komentar.

    3.     kolom 8-11 : disebut dengan area A. untuk menulis divisi, section, nama paragraph, judul file     description (FD), lever number 01 dan lever number 77.

    4.     kolom 12-72 : disebut area B. untuk menuliskan elemen program selain yang dituls di area A.

    5.       kolom 73-80 : kolom ini tidak akan diproses oleh program jadi data diisi catatan atau curahan                    hati untuk dokumentasi.
    sepertinya sampai disini dulu deh tentang Pengenalan COBOL ini,, mungkin pada postingan selanjutnya akan membahasa langsung ke contoh pemogramannya,, jadi saya persiapkan dulu deh bahannya haha.
    upss takut lupa bagi yang ingin mencoba COBOL langsung aja download disini.

    idecobol.zip (1,068Kb)

    Categories:

    0 comments:

    Post a Comment

    mohon saran dan kritiknya,, thanks